Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, May 4, 2008

Fundamental 5 Mei 2008

Sunday, May 4, 2008



Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan non-farm payroll turun 20.000 pada April, lebih rendah dari prediksi 78.000, setelah turun 81.000 pada bulan sebelumnya. Tingkat pengangguran turun menjadi 5,0% dari 5,2%.

Secara terpisah, Departemen Perdagangan AS melaporkan factory orders di luar dugaan naik 1,4% pada Maret, setelah diprediksikan turun 0,2%.

Kedua laporan itu mengindikasikan bahwa perlambatan ekonomi tidak seburuk yang dikhawatirkan dan prospek ekspor masih baik.

Laporan payroll tersebut juga menunjukkan bahwa lapangan kerja di sektor manufaktur terus menurun, namun di sektor jasa masih meningkat.

Fokus pasar berikutnya adalah data ISM non manufacturing, yaitu indikator sektor jasa, konstruksi dan industri keuangan. Indeks tersebut diperkirakan akan turun menjadi 49,5 di April dari 49,6 bulan sebelumnya

Namun, melihat lapangan kerja di sektor jasa meningkat, mungkin saja indeks tersebut ternyata lebih baik dari prediksi. Pada Maret, indeks tersebut mengalami sedikit perbaikan berkat ekspor yang mendorong new orders dan produksi. Tapi karena menurunnya lapangan kerja, perbaikan indeks tidak terlalu signifikan.

Oleh karena itu, sesuai laporan payroll, yang memperlihatkan penambahan lapangan kerja di sektor jasa, bisa saja indeks tersebut lebih baik dari prediksi.

Bila indeks tersebut mampu menembus level 50, yang mengindikasikan ekspansi, maka akan meningkatkan ekspektasi bahwa the Fed akan mempertahankan suku bunganya bulan depan.

Satu hal lain yang patut dicermati adalah pidato Presiden ECB Jean-Claude Trichet. Trichet selalu menyinggung inflasi dan stabilitas harga hampir setiap pernyataannya, dan itu dapat mempengaruhi pergerakan dollar maupun euro.


0 comments:

Post a Comment