Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Saturday, May 17, 2008

ECB tak punya ruang untuk pangkas rate

Saturday, May 17, 2008


Anggota Dewan Gubernur ECB Klaus Liebscher mengindikasikan bahwa ECB sepertinya akan mempertahankan suku bunganya di 4% tahun ini.


Dalam wawancara Di Wina, Austria, ia menyatakan bahwa ia tidak melihat ruang bagi ECB untuk memangkas ratenya tahun ini. Ia mengatakan bahwa kebijakan moneter saat ini tepat untuk mempertahankan stabilitas harga dan mencegah kenaikan ekspektasi inflasi.

Karena kenaikan harga pangan dan energi mendorong inflasi ke 3%, ECB menolak untuk mengikuti the Fed yang memangkas suku bunganya.

Bank sentral itu khawatir kenaikan inflasi akan menyulut tuntutan kenaikan upah dan membuat perusahaan menaikkan harga produk, memicu yang disebut dengan dampak tahap kedua (second-round effects).

Menurut Liebscher inflasi 3% tidak dapat diterima dan ECB akan melakukan apapun yang diperlukan untuk mencegah second-round effects.

Mengenai pertumbuhan, Liebscher mengatakan bahwa pertumbuhan akan tetap baik dan tidak ada alasan untuk pesimis. Ia juga mengatakan bahwa ECB tidak perlu untuk mengurangi proyeksi pertumbuhannya.

Ketika ditanyakan apakah ECB akan menaikkan suku bunganya, Liebscher menjawab ECB tidak menentukan kebijakan jauh-jauh hari dan kemungkinan kenaikan akan tergantung pada data terbaru

0 comments:

Post a Comment