Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Wednesday, May 28, 2008

Data GDP AS akan menentukan trend dolar

Wednesday, May 28, 2008
Spekulasi Fed masih akan mempertahankan kebijakan suku bunga 2 persen dan bahkan tidak tertutup kemungkinan justru akan menaikan bunganya


Ulasan Fundamental

Perdagangan currency sampai penutupan pasar AS, dolar berhasil melanjutkan dominasinya terhadap euro, yen, dan swissy namun melemah terhadap pound dan ausy. Data ekoomi terakhir dirilis yaitu durable goods Amerika ternyata penurunannya tidak seburuk yang dikira, sehingga muncul anggapan bahwa Fed masih akan mempertahankan kebijakan suku bunga 2 persen dan bahkan tidak tertutup kemungkinan justru akan menaikan bunganya sebesar 25 basis poin paling lambat pada meeting di bulan September. Sedangkan mata uang euro kembali terpuruk menyusul data inflasi Jerman serta terkoreksinya harga minyak hingga menembus $125 per barel turut pula memicu aksi selling mata uang tunggal eropa ini.

Untuk perdagangan currency hari ini fokus pasar akan menantikan serangkaian data ekonomi baik dari kawasan Eropa ataupun dari Amerika sendiri. Data ekonomi GDP AS malam nanti diperkirakan akan membaik dan berpeluang mensuport dolar lebih lanjut. Namun, fakor oil jika kembali membungbung patut dipertimbangkan pula untuk melakukan aksi buying the greenback lebih lanjut. Khusus untuk mata uang euro, ECB rupanya masih tetap concern terhadap masalah inflasi di kawsan Eropa sehingga asentimen positif kebijakan suku bunga tinggi akan terus membayangi penurunan euro.

0 comments:

Post a Comment