Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Wednesday, May 7, 2008

Dolar menguat jelang ECB dab BOE meeting

Wednesday, May 7, 2008


Data ekonomi AS telah berhasil dongkrak the greenback

Ulasan Fundamental

Perdagangan currency sampai penutupan pasar AS the greenback berjaya terhadap major currency, kecuali dengan yen didorong serangkaian data ekonomi dimana di pihak Amerika adanya dukungan positif dari data Nonfarm productivity yang mengalami peningkatan signifikan dari sebelumnya 1.8 persen menjadi 2.2 persen. Pihak fed sendiri menyatakan tekad untuk menahan laju inflasi salah satu caranya dengan menerapkan kebijakan suku bunga tinggi serta tidak tertutup peluang akan dimulai dengan menaikan suku bunganya pada meeting berikutnya.

Kebalikannya dengan euro yang kembali terpuruk dipicu oleh penurunan data retail sales dari minus 0.2 persen menjadi minus 0.4 persen sedangkan factory orders Jerman unchange minus 0.6 persen namun masih dibawah ekpektasi pasar plus 0.3 persen. Data tersebut diatas telah menunjukan situasi perekonomian eropa yang lagi melesu.

Mata uang poundsterling kembali terpuruk sampai penutupan pasar AS dipicu oleh serangkaian data ekonomi U.K terjadi penurunan yang cukup signifikan seperti industrial production dan manufacturing production. Ke tidak seragaman diantara anggota MPC mengenai kebijakan suku bunga BOE kedepan telah memunculkan spekulasi akan pemangkasan suku bunga walaupun secara perbandingannya yang mendorong cut rate minoritas.

Untuk perdagangan currency hari ini fokus pasar tertuju ke ECB dan BOE meeting dengan estimasi mempertahankan kebijakan tingkat suku bunganya masing masing ECB bertahan di 4 persen sedangkan BOE diperkirakan masih bertahan di 5 persen. Namun ada yang patut diwaspadai pada event nanti malam yaitu bagaimana pernyataan susulan baik dari anggota MPC U.K ataupun dari Presiden ECB Jean Claude Trichet menyikapi pelambatan ekonomi yang tengah mendera kawasan eropa, dia selama ini selalu berkomentar masalah inflasi yang simpulkan oleh para pelaku pasar seinyalemen kebijakan suku bunga tinggi masih diperlukan.

Pergerakan dolar hari ini masih berpeluang melanjutkan penguatannya kembali selama pihak fed bisa meyakinkan pasar akan pemulihan multi krisis yang sedang terjadi di AS serta data ekonomi yang akan dirilis nanti malam seperti unemployement claims serta wholesale inventoris menunjukan ke arah positif. Namun dolar bisa saja akan berbalik tertekan bilamana Komentar Trichet nanti malam bisa memebrikan rasa optimis para pelaku pasar akan situasi terkini perekonomian eropa.


0 comments:

Post a Comment