Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, April 13, 2008

Stop Loss or Not

Sunday, April 13, 2008

Beberapa hari yang lalu saya pernah dikasih pertanyaan, kenapa ya Stop Loss saya selalu kesentuh dan harga balik lagi. Mungkin dari beberapa pembaca pernah atau bahkan sering mengalami hal tersebut. Sebetulnya siapa yang salah dalam hal ini? Atau tidak usah pakai Stop Loss saja ?


Kalo kita mau introspeksi diri sebetulnya itu adalah salah kita sendiri yang tidak pandai menempatkan Stop Loss dan mental kita yang tidak mau menerima suatu kekalahan itu yang terpenting

Tetapi kebanyakan dari kita selalu menyalahkan pihak lain. Brokernya nakal lah, karena margin gak kuat lah, dll. Apalagi kalo kita dapat signal dari orang lain, pasti paling gampang adalah menyalahkan yang kasih signal he..he..he..he…


Sehebat apapun signal dari orang lain pasti bisa salah juga, karena pada akhirnya kembali probabilita juga. Bukankan forex itu probabilita ? Itulah kenapa kita harus tetap menggunakan Stop Loss. Saya sangat yakin 100% bahwa orang yang jago trading pasti dia selalu disiplin dengan Stop Loss. Pertanyaanya adalah bisakah kita berdisiplin?


Ketika saya tanyakan hal tersebut kepada seseorang yang saya anggap sebagai guru forex walaupun dia gak mau, dia hanya menjawab : “jangan terlalu ambisi dengan disiplin Stop Loss walaupun itu sangat penting, tetapi disiplinlah dulu dengan hidup yang kamu jalani” Lama setelah saya pikir-pikir, betul juga kata guru saya, gimana saya mau disiplin dalam trading kalau hidup saya aja gak bisa disiplin ƒº Dia contohkan saya yang berniat ingin berhenti dari kebiasaan merokok, sebelum berhasil menghentikan kebiasaan merokok jangan trading karena berarti belum bisa disiplin. Dia juga contohkan ketika dia disiplin dalam menurunkan berat badannya dari 100 kg-an hingga sekarang jadi 70kg-an. Dan itu dicapai tidak hanya dalam waktu yang singkat, karena mental disiplin tidak mudah untuk dibentuk.


Disiplin sebuah kata kunci kesuksesan dalam Trading Forex. Ketika anda sudah biasa disiplin dengan stop loss, berarti anda sudah siap trading. Kedisiplinan itu hanya bisa dicapai jika seseorang sudah bisa mengontrol emosinya. Jangan terlalu kecewa jika anda loss dan jangan terlalu senang jika anda profit. Trading tidak sekedar tekhnikal dan fundamental saja. Ada faktor lain yang lebih berperan. Yaitu kedisiplinan dan Kontrol Diri.


Sekian dulu tulisan saya, mohon kasih komentar. Semoga bisa menjadi inspirasi buat kita semua. Buat guru forex, yang tidak mau disebutkan namanya, thank’s atas semua support dan bimbingannya. Semoga tidak bosan jika saya ingin minta ilmunya lagi

“SUDAHKAH ANDA SIAP TRADING ??”

TRADING ADA SAATNYA HARUS BUANG POSISI WALAUPUN ITU PAHIT
TRADER PUNYA BATASAN STOP LOSS KALAU MERASA SUDAH MELEWATI BERARTI SUDAH SALAH ARAH

0 comments:

Post a Comment