Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Monday, April 14, 2008

Kekhawatiran masalah krisis keuangan di AS

Monday, April 14, 2008


Ulasan Fundamental

Perdagangan currency sampai penutupan pasar AS dolar kembali mendapatkan tekanan dari major currency karena hasil G7 meeting akhir pekan lalu telah gagal meyakinkan para investor tentang kemungkinan intervensi gabungan. Membaiknya data retail sales AS sebesar 0.2 persen ternyata tidak berhasil mendongkrak the greenback lebih jauh. Fokus para pelaku pasar kembali ke situasi perekonomian AS yang saat ini sedang dilanda krisis keuangan. Laporan terakhir menyebutkan salah satu Bank terbesar ke empat di AS yaitu Wachovia Bank mengalami kerugian sebesar $393 milyar karena dampak krisis subprime mortgage.

Poundsterling akhirnya berhasil menguat pula terhadap dolar didorong oleh hasil positif data PPI UK. Sedangkan penguatan euro masih dipicu oleh spekulasi ECB akan tetap mempertahankan kebijakan suku bunga tingginya. Aksi carry trade mereda mendorong mata uang yang memilki suku bunga rendah seperti yen dan swiss franc juga berhasil memanfaatkan kondisi ini.

Untuk perdagangan currency hari ini,apabila sentimen negatif tentang krisis yang tengah mendera perekonomian AS terus bergulir, rasanya berat buat dolar untuk bangkit dari tekanan, isu pemangkasan suku bunga oleh fed pada meeting selanjutnya masih memberatkan buat dolar bangkit. Gubernur Fed sendiri Ben Bernanke pekan lalu juga telah mengatakan pelemahan dolar justru akan baik buat menekan trade defisit.

0 comments:

Post a Comment