Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Tuesday, April 29, 2008

FUNDAMENTAL 30-04-2008

Tuesday, April 29, 2008
Ulasan Fundamental

Perdagangan currency sampai penutupan pasar AS the greenback berhasil menguat terhadap major currency masih didorong sentimen positif spekulasi federal reserve meeting disinyalir bahwa kebijakan pemotongan suku bunga AS akan mendekati babak akhir, data AS terakhir dirilis yaotu consumer confidence walaupun menurun namun masih diatas perkiraan menunjukan perkembangan positif situasi ekonomi AS yang mulai menjauhi jurang resesi. Turunnya harga minyak mentah dunia ke $114 per barel turut pula menciptakan suasana kondusif buat the greenback.

Mata uang poundsterling berbalik terpuruk sampai penutupan dipicu oleh serangkaian data ekonomi U.K terjadi penurunan yang cukup signifikan seperti Mortgage Approvals, M4 Money Supply, CBI Distributive Trades Realized dan Net Lending to Individuals. Dengan menurunnya indikator ekonomi diatas telah memunculkan spekulasi bahwa BOE berpeluang akan kembali memangkas tingkat suku bunganya pada meeting berikutnya. Dampak dari krisis keuangan yang bermula dari AS sendiri ternyata pada saat ini sudah mulai dirasakan akibatnya di kawasan Eropa lainnya.



Untuk perdagangan currency hari ini fokus pasar masih ke fed meeting dengan estimasi akan memangkas tingkat suku bunganya sebesar 25 basis poin, namun yang perlu dijadikanan catatan penting adalah apakah ada komentar susulan menyangkut kebijakan suku bunga FED berikutnya? jika pihak fed tidak menyinggung pemangkasan lagi bisa dipastikan dolar akan rally terhadap major currency, namun sebaliknya apabila masih dimungkinkan terjadinya cut rate dolar akan kembali tertekan mengingat permasalaan ekonomi yang melilit AS diyakini belum sepenuhnya pulih. Perkembangan harga minyak mentah dunia patut juga diwaspadai dalam menentukan trend dolar berikutnya.



0 comments:

Post a Comment