Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Saturday, February 23, 2008

H 4 Trading System

Saturday, February 23, 2008
System ini saya bangun berdasar dari system milik Phillip Nell (H4 System) dan James16 (Price Action) dari Forum ForexFactory.Com. Di system ini 2 system tersebut saya coba untuk saling melengkapi dan sederhanakan sehingga mudah untuk diimplementasikan dan hanya signal yang saya anggap memiliki kemungkinan profit tinggi yang saya gunakan.

Kenapa saya menggunakan system ini adalah karena :
1. System ini sangat cocok bagi para non fulltime trader yang memiliki kesibukan lain diluar trading, yang mana mereka tidak dapat mengamati chart seharian penuh untuk melakukan trading. Dengan system ini, cukup hanya dengan melakukan cek chart 4 jam sekali di timeframe H4 saja, tanpa harus mengamati chart seharian, maka profit bulanan yang steady dapat diperoleh.

2. System ini sangat simple dan memiliki aturan-aturan yang sangat jelas sehingga hampir tidak ada keraguan mengenai Entry Point.
3. Hanya menggunakan timeframe (TF) H4 saja dan menggunakan indicator yang sangat simple yaitu :
a. MACD (5,13,1) maksudnya Fast EMA=5, Slow EMA=13, MACD SMA/Signal=1.
b. Dan Price Action berdasar Candlestick pattern sebagai pendukung utama.
4. Pengaruh dari Fundamental data release / News sangatlah minim, justru dari news seringkali diperoleh signal yang akurat.
5. Drawdown minim (Max. -120 pips, base on backtest April 2007).
6. Steady Profit rata-rata 200 pips per bulan untuk pair EUR/USD.

Klik disini untuk download 910-H4 system template dan indicator untuk MetaTrader 4.

*Cara menggunakan indicator: Extract semua file di ZIP file dan letakkan file dengan extension .mq4 dan .ex4 di folder (metatrader folder)/expert/indicator dan juga letakkan file dengan extention .tpl di folder (metatrader folder)/templates. Lalu jalankan metatrader anda dan klik kanan di chart -- templates -- 910-H4. Done Wink


1. ENTRY SIGNAL

Entry ditentukan oleh indicator MACD sebagai signal awal dan Price Action berdasar candlestick pattern sebagai signal kedua. Kedua signal harus muncul sebelum kita putuskan untuk buy atau sell. Jika hanya salah satu signal saja yang muncul maka kita lewatkan signal tersebut.

1.1 MACD SIGNAL
Signal BUY atau SELL muncul ketika sebuah price candle di timeframe H4 CLOSED dan bar MACD terakhir berbeda warna dari bar sebelumnya
Bila bar terakhir berwarna BIRU dan bar sebelumnya berwarna MERAH maka hal tersebut adalah merupakan SIGNAL BUY.
Dan bila bar terakhir berwarna MERAH dan bar sebelumnya berwarna BIRU maka hal tersebut adalah merupakan SIGNAL SELL.

Perhatikan gambar di bawah ini. Garis vertical biru putus-putus adalah signal BUY dan garis vertical merah putus putus adalah signal SELL.



GAMBAR 1. MACD Signal


1.2. PRICE ACTION SIGNAL BERDASAR CANDLESTICK PATTERN
Note : gambar dibawah ini adalah sedikit penjelasan mengenai japanese candlestick :


GAMBAR A. JAPANESSE CANDLESTICK


Ada 2 jenis pattern utama yang perlu diperhatikan untuk mendukung entry signal dari MACD yaitu :
1. ENGULFING Pattern (ENG)
2. Evening/Morning STAR Pattern (STAR)



1.2.1. ENGULFING PATTERN

Ada 2 Engulfing Pattern yaitu Bullish Engulfing untuk signal BUY dan Bearish Engulfing untuk signal SELL.

BULLISH ENGULFING PATTERN
Terdiri dari 2 candle yang mana candle pertama adalah candle bearish kecil yang diikuti sebuah candle bullish besar yang mana candle terakhir tersebut bodinya mengcover (engulfing) candle sebelumnya.


GAMBAR 2. Buy Signal Bullish Engulfing

Signal terbaik adalah bila body candle terakhir mengcover body dan uppper tail candle sebelumnya. Gambar terakhir adalah signal yang kurang sempurna karena upper tail tidak tercover body candle terakhir.

BEARISH ENGULFING PATTERN
Terdiri dari 2 candle yang mana candle pertama adalah candle bullish kecil yang diikuti sebuah candle bearish besar yang mana candle terakhir tersebut bodinya mengcover (engulfing) candle sebelumnya.

GAMBAR 3. Sell Signal Bearish Engulfing

Signal terbaik adalah bila body candle terakhir mengcover body dan lower tail candle sebelumnya. 2 gambar terkakhir adalah signal yang kurang sempurna karena lower tail tidak tercover body candle terakhir.

1.2.2. STAR PATTERN

EVENING STAR PATTERN
Terdiri dari 3 candle. Candle yang pertama adalah bullish candle dengan body yang besar yang kemudian diikuti oleh candle dengan bodi kecil yang kemudian diikuti oleh candle bearish dengan bodi besar.
4.1 4.2 4.3 4.4 4.5
GAMBAR 4. Sell Signal Evening Star

Signal terbaik adalah bila body candle terakhir mengcover body dan lower tail candle sebelumnya. Gambar 4.4 adalah signal yang kurang sempurna karena lower tail tidak tercover body candle terakhir. Gambar 4.5 adalah signal yang kurang sempurna karena candle terakhir memiliki body kecil.


MORNING STAR PATTERN
Terdiri dari 3 candle. Candle yang pertama adalah bearish candle dengan body yang besar yang kemudian diikuti oleh candle dengan bodi kecil yang kemudian diikuti oleh candle bullish dengan bodi besar.
5.1 5.2 5.3 5.4 5.5
GAMBAR 5. Buy Signal Morning Star

Signal terbaik adalah bila body candle terakhir mengcover body dan upper tail candle sebelumnya.

3. EXIT SIGNAL
Silakan anda tentukan sendiri Laughing karena SL dan TP adalah sangat tergantung dari margin yang anda miliki.

Di bawah ini adalah hasil backtest bila SL dipatok 30 pips dan exit dilakukan bila system memberi signal yang berlawanan dengan posisi kita.

GAMBAR 6. HASIL BACKTEST JAN 2007


Dan berikut adalah hasil backtest untuk Agustus 2006
Agustus 2006 adalah salah satu bulan terberat bagi kebanyakan system, banyak system, terutama yang bergantung pada market yang trending, gagal untuk memperoleh profit. Bulan tersebut merupakan tipikal market sideway.
Namun dengan system ini kita masih berpeluang untuk meraih profit +189 pips dengan drawdown maksimal 2x -30pips = -60 pips dan total trade yang kita ambil sebanyak 24 trades dengan rasio P/L = 12/12 = 1.

GAMBAR 6. HASIL BACKTEST AGUSTUS 2006 SIDEWAY MONTH


GAMBAR 7. HASIL BACKTEST FEB 2007


GAMBAR 8. HASIL BACKTEST MARET 2007


GAMBAR 9. HASIL BACKTEST APRIL 2007


GAMBAR 10. HASIL BACKTEST MEI 2007

SEMOGA BERMANFAAT Wink

ALDHY SP

*Jika anda rasa artikel ini bermanfaat, saya hanya mohon agar setiap anda berdoa selalu ikutkan saya dan keluarga saya agar selalu dalam Berkat dan Rahmat Nya. Terima kasih. Sukses untuk anda

0 comments:

Post a Comment