Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Thursday, June 19, 2008

Dolar cenderung bergerak mix

Thursday, June 19, 2008
FUNDAMENTAL 20-Jun-2008

Data retail sales U.K telah berhasil dongkrak pound






Ulasan Fundamental

Perdagangan currency sampai penutupan pasar Amerika, dolar cenderung bergerak mix terhadap major currency, menguat terhadap euro, yen dan swiss franch namun melemah cukup signifikan dengan poundsterling dan ausy. The greenback telah gagal melanjutkan momentum penguatannya karena selain isu utama meredupnya kenaikan suku bunga oleh the fed juga dipicu oleh hasil data ekonomi AS yang terakhir dirilis yaitu data Phil Fed minusnya membengkak menjadi 17.1 persen di bulan Juni dari sebelumnya hanya sebesar minus 15.6 persen.

Poundsterling merupakan mata uang yang berhasil menunjukan superioritasnya terhadap dolar dan euro karena didorong oleh hasil positif data U.K retail sales meningkat 3.5 persen dan merpakan nilai tertinggi sejak tahun 1986. Sedangkan swiss franch terpuruk karena hasil SNB yang tetap mempertahakan kebijakan suku bunga rendahnya dan memberikan sinyalemen akan masalah inflasi yang terkendali.

Untuk perdagangan currency hari ini, dengan minimnya data isu dominan yang akan mempengaruhi pergerakan di akhir pekan masih seputar kebijakan suku bunga kedepan dari semua bank sentral. Gubernur ECB Jean Claude Trichet akan memberikan estimony, apakah dia akan kembali menyinggung masalah inflasi yang tengah terjadi di kawasan Eropa?jika hal ini disinggung lagi ada peluang euro menguat lagi di akhir pekan. Data ekonomi yang akan dirilis hari ini yaitu PPI Jerman dengan estimasi menurun dan PPI Swiss dengan estimasi meningkat.

0 comments:

Post a Comment